Powered By Blogger

Kamis, 19 November 2009

wewenang

Tugas Psikologi Manajemen Wewenang.

Pengertian Wewenang.

Wewenang adalah mekanisme kelembagaan yang bertujuan untuk menetapkan mana diantara dua anggota suatu hubungan.

Contoh wewenang dalam kehidupan sehari-hari :

Misalnya, seorang bawahan yang selalu bersikap hormat kepada atasan yang mempunyai wewenang di sebuah kantir atau perusahaan.

Taktik kekuasaan, tekanan dan paksaan

Misalnya, seorang mahasiswa baru yang sedang menajalni kegiatan OSPEK. Mahasiswa itu harus mengikuti semua aturan seniornya. Jika tidak akan mendapatkan hukuman. Kegiatan seperti itu kadang menimbulkan suatu tekanan yang dialami oleh junir yang menjalani kegiatan OSPEK.

Manipulasi : Sebuah model licik untuk mempengaruhi

Misalnya, ada seorang salesman atau SPG yang menawarkan sebuah barang kepada seseorang. Sales itu menawarkan produk dengan melebih-lebihkan produk yang ditawarkan. Akan tetapi sebenarnya produk itu tidak sesuai dengan kenyataannya. Sales itu memanipulasi seseorang untuk seseorang itu membeli barang yang ditawarkannya dengan cara memanipulasi. Dengan begitu sales dapat mempengaruhi seseorang dengan cara licik.

Model kerjasama : Mempengaruhi tanpa wewenang dan paksaan.

Misalnya, saya ingin menikah dan saya butuh sebuah event organizer yang bisa membantu saya dalam mengurus sebuag acara besar di sebuah gedung. Jadi antara saya dengan pihak event organizer tidak ada yang mempengaruhi atau dipengaruhi. Semua murni karena saya butuh event organizer itu dan event organizer itu juga butuh karena mereka mencari uang.

Mempengaruhi karyawan dengan uoah dan penilaian prestasi kerja : Kerja keras dan kesukaraannya.

Misalnya, Seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Dia adalah pekerja yang sangat rajin sekali. Dia menjadi seorang yang rajin karena ia mengejar upah yang ingin dia dapatkan lebih. Jadi karyawan itu meningkatkan kinerja di perusahaan itu untuk mengejar upah yang ingin ia dapatkan lebih dari karyawan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar